Nama Sekolah : SMK Kesuma Bangsa 2
Alamat Sekolah : Jl. Tanah Baru Km. 1,5 Beji Depok
Mata Pelajaran : Kewirausahaan
Kelas / Semester : XII / 5
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit ( 9 x pertemuan )
Kode Kompetensi : D
I.
Standar Kompetensi
4.
Mengelola Usaha Kecil / Mikro
II.
Kompetensi Dasar
4.1.
Mempersiapkan Pendirian Usaha
III.
Indikator
4.1.1 Pendirian usaha dipersiapkan
sesuai dengan proposal meliputi :
-
Izin usaha
-
Permodalan
-
Tempat Usaha / Lokasi
-
Fasiltas dan Bahan Baku
-
SDM
-
Administrasi
IV.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi pada pertemuan 1 – 9 diharapkan peserta didik mampu :
1.
Mengetahui
prosedur pengurusan izin usaha pada pihak yang berwenang
2.
Membuat
system pengelolaan keuangan pada usaha yang telah dibentuk dengan teliti
3.
Menentukan
dan mengurus tempat usaha dengan cermat
4.
Mengetahui
dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi
5.
Merekrut
dan menempatkan SDM yang diperlukan sesuai
6.
Mempersiapkan
administrasi usaha yang diperlukan
V.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
1.s.d 4
- Pengurusan
Izin usaha
Pertemuan 5
- Cara
memperoleh modal usaha
Pertemuan 6
- Mengurus dan
menentukan tempat usaha
Pertemuan 7
- Pengadaan
fasilitas bahan baku
Pertemuan 8
- Perekrutan
dan penempatan sumber daya manusia
Pertemuan 9
- Persiapan
administrasi
VI.
Model dan Strategi Pembelajaran
1.
Model
pembelajaran : C.T.L ( Contextual Teaching Learning )
2.
Strategi
: studi pustaka, diskusi, ceramah, Tanya jawab, penugasan dan lain – lain
VII.
Pendidikan Berkarakter
a.
Cermat
b.
Teliti
c.
Kreatif
d.
Mandiri
e.
Bertanggung
jawab
f.
Percaya
diri
VIII.
Sumber dan Media Pembelajaran
A.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku
Kewirausahaan kelas XII, Ir. Hendro, Penerbit Erlangga 2010.
2.
Buku
Lembar Kerja Siswa XII CV. Mediatama
3.
Buku
Referensi Lain
4.
Internet
B.
Alat pembelajaran
1.
Power
Point
2.
LCD
IX.
Langkah – langkah Pembelajaran
A.
Pertemuan 1 ( Alokasi Waktu 2 x 45
Menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Peserta
didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing
b.
Melakukan
absensi
|
2
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1.
Peserta
didik membaca modul pembelajaran (LKS) yang telah disediakan (10 Menit)
2.
Peserta
didik menutup buku, dan mulai mengerjakan soal pretest (10 Menit)
3.
Peserta
didik dijelaskan materi tentang pengurusan surat izin usaha tentang SIUP dan
SITU (14 Menit)
4.
Tanya
Jawab tentang materi. (5 Menit)
b. Elaborasi
1.
Disediakan
soal - soal tentang pengurusan surat
izin usaha (10 Menit)
2.
Peserta
didik mempresentasikan jawabannya di depan kelas (10 Menit)
3.
Salah
satu peserta didik presentasi, peserta didik lain memberikan tanggapan (10
menit)
4.
Diskusi
Hasil Presentasi (10 Menit)
c. Konfirmasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa
Tanya jawab atau diberi soal – soal (Teka – Teki Silang) (5 menit)
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang cara memperoleh NPWP (5 menit)
|
Pertemuan 2 ( Alokasi Waktu 2 x 45
Menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
2
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1.
Peserta
didik membaca modul pembelajaran (LKS) yang telah disediakan (10 Menit)
2.
Peserta
didik menutup buku, dan mulai mengerjakan soal pretest (10 Menit)
3.
Peserta
didik dijelaskan materi tentang pengurusan surat izin usaha tentang NPWP dan
cara Perhitungan dan Jenis Pajak (14 Menit)
4.
Tanya
Jawab tentang materi. (5 Menit)
b. Elaborasi
1.
Disediakan
soal - soal tentang pengurusan surat
izin usaha (10 Menit)
2.
Peserta
didik mempresentasikan jawabannya di depan kelas (10 Menit)
3.
Salah
satu peserta didik presentasi, peserta didik lain memberikan tanggapan (10
menit)
4.
Diskusi
Hasil Presentasi (10 Menit)
c. Konfirmasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa
Tanya jawab atau diberi soal – soal (Teka – Teki Silang) (5 menit)
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang cara memperoleh NRP (5 menit)
|
Pertemuan 3 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Peserta
didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing
b.
Melakukan
absensi
|
2
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa
Tanya jawab atau diberi soal – soal (Teka – Teki Silang) (5 menit)
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang cara memperoleh Amdal dan HO (5 menit)
|
Pertemuan
4 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Peserta
didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing
b.
Melakukan
absensi
|
2
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa
Tanya jawab atau diberi soal – soal (Teka – Teki Silang) (5 menit)
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang cara memperoleh modal usaha (5 menit)
|
B.
Pertemuan 5 ( Alokasi Waktu 2 x 45
Menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Peserta
didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.
Melakukan
absensi (5 Menit)
|
2
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1.
Mengerjakan
soal Pretest untuk materi yang akan diajarkan (10 menit)
2.
Membahas
materi tentang cara memperoleh modal usaha (10 menit)
3.
Tanya
jawab tentang materi yang dibahas (10 menit)
b. Elaborasi
Peserta didik
menutup buku dan mempersiapkan diri untuk maju ke depan kelas untuk
mengerjakan tugas / test lisan (44 menit)
c. Konfirmasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahaman materi (5 menit)
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang mengurus dan menentukan tempat usaha untuk persiapan pretest serta
salam penutup (5 menit)
|
C.
Pertemuan 6 ( Alokasi Waktu 2 x 45
Menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Peserta
didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.
Melakukan
absensi (5 Menit)
|
2
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1.
Peserta
didik membaca terlebih dahulu isi materi ( 10 menit )
2.
Peserta
didik menutup buku dan mulai mengerjakan soal pretest tentang isi modul
3.
Peserta
didik dijelaskan materi tentang mengurus dan menentukan tempat usaha ( 15
menit )
4.
Tanta
jawab tentang isi materi yang dibahas
b. Elaborasi
1.
Disediakan
soal – soal tentang mengurus dan menentukan tempat usaha serta pengadaan
fasilitas bahan baku. Peserta didik mengerjakan dengan berdiskusi dengan
teman kelompok ( 10 menit )
2.
Peserta
didik mewakili teman kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusi di
depan kelas ( 15 menit )
3.
Setelah
selesai peserta didik yang lain memberikan tanggapan ( 10 menit )
4.
Menyimpulkan
hasil diskusi ( 5 menit )
c. Konfirmasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar ( 5 menit )
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang pengadaan fasilitas dan bahan baku untuk persiapan pretest serta
salam penutup (5 menit)
|
D.
Pertemuan 7 ( Alokasi Waktu 2 x 45
Menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Peserta
didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.
Melakukan
absensi (5 Menit)
|
2
|
Kegiatan
Inti
b.
Elaborasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar ( 5 menit )
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang resiko menjalankan usaha serta salam penutup (5 menit)
|
E.
Pertemuan 8 ( 2 x 45 menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Peserta
didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.
Melakukan
absensi (5 Menit)
|
2
|
Kegiatan
Inti
b. Elaborasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar ( 5 menit )
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang persiapan administrasi serta salam penutup (5 menit)
|
F.
Pertemuan 9 ( 2 x 45 menit )
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Peserta
didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.
Melakukan
absensi (5 Menit)
|
2
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
peserta didik menutup bukunya untuk
melaksanakan tes uji kompetensi (44 menit)
c. Konfirmasi
Menguji peserta
didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar ( 5 menit )
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Menyimpulkan
isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya
tentang resiko menjalankan usaha serta salam penutup (5 menit)
|
X.
Penilaian
- Penugasan
Langkah
pertama mendirikan usaha adalah mengurus perizinan usaha. Pengurusan izin usaha
ini berlaku untuk usaha yang sifatnya tetap. Apakah yang terjadi bila
perusahaan tidak mengurus perizinan usaha ? jelaskan menurut pendapatmu secara
logis dan analitis, kemudian kemukakan jawabanmu di depan kelas dengan penuh
percaya diri.
- Pengamatan Proses
1.
Unjuk Kerja
No
|
Nama Siswa
|
Karakter Yang
Diamati
|
||||
Mandiri
|
Percaya Diri
|
Kreatif
|
Rajin
|
Tanggung Jawab
|
||
|
|
|
|
|
|
|
2.
Ulangan Harian
Aspek Kognitif
1.
Pilihan Ganda
Contoh
1.
Artika
adalah lulusan universitas yang ulet, dia berencana mendirikan usaha pembuatan
souvenir. Sebelum mendirikan usaha yang harus diperhatikan adalah :
a.
Modal
b.
Bahan
baku
c.
Tempat
usaha
d. Perizinan
usaha
e.
Administrasi
usaha
2.
Nina
adalah pencari kerja yang gigih. Pada suatu hari ia mendapatkan penggilan tes
dari perusahaan swasta. Tes yang dilakukan nina untuk mengukur kemampuan
bekerja didalam tim. Tes tersebut adalah……………
a.
Tes
pengetahuan umum
b.
Tes
wawancara
c.
Tes
kemampuan memasarkan barang
d. Tes
psikologi
e.
Tes
mandiri
2.
Isian ( esay )
1.
Uraian
pekerjaan yang harus diselesaikan disebut ……Job description
2.
Ibu
rika adalah seorang ibu rumah tangga, ia tak segan membantu tetangga dalam
meminjamkan uang. Pihak yang memberikan pinjaman uang disebut dengan……Kreditor
3.
Uraian
Contoh
1.
Desi
adalah seorang pengusaha muda yang visioner, sebelum mendirikan usaha
dikampungnya ia telebih dahulu mengajukan surat izin tempat usaha. Bagaimanakah
procedural pengajuan SITU ?
2.
Dalam
menjalankan usaha seorang wirausahawan harus memperhatikan lingkungannya dengan
mengadakan Amdal. Sebutkan lima bidang usaha yang harus memperhatikan Amdal ?
Aspek
Afektif
Bacalah potongan artikel dibawah ini
dengan cermat !
Greenpeace
perwakilan Indonesia menyatakan kesiapannya mematuhi kebijakan dinas pengawasan
dan penertiban DKI Jakarta yang menyegel kantornya di Jalan Kemang Utara 16 B1.
Jakarta selatan pada Senin (14/1) mendatang.
“Intinya
kalu memang itu regulasinya kita harus pindahkan ya kita pindahkan” kata Juru
Kampanye Perwakilan greenpeace Indonesia. Di Jakarta Rabu
Namun,
kata dia, yang menjadi pertanyaan penyegelan itu hanya ditunjukkan kepada
greenpeace saja mengingat di daerah Kemang ada ratusan kantor yang menggunakan
daerah pemukiman untuk perkantoran.
Berdasarkan
potongan artikel diatas, analisislah yang menjadi penyebab penyegelan tempat
usaha greenpeace di Indonesia!
Aspek
Psikomotorik
Kerjakanlah perintah dibawah ini
Buatlah kelompok
yang terdiri dari 6 anggota. Carilah informasi terkini tentang prosedur
pengurusan SIUP dan persyaratan dokumennya ke dinas perindustrian dan
perdagangan di wilayah tempat tinggal kalian masing – masing.
Project
Work
Kerjakanlah tugas dibawah ini dengan
kerja sama!
1.
Buatlah
kelompok dengan beranggotakan 5 – 6 orang
2.
Buatlah
proposal pendirian usaha sesuai dengan aturan yang diberikan
3.
Lampirkan
juga contoh – contoh dari SIUP, NPWP, SITU, HO dan Amdal
Di Buat
|
Di Periksa
|
Di Setujui
|
Guru
Bidang Diklat
|
WaKa.
Kurikulum
|
Kepalas
Sekolah
|
Mohamad
Ali, SE.MM
|
Drs.
Caming Suryadi
|
Dra. Hj.
Nini Nurhasanah, MM
|
NIGK. 07197503252000
|
NIGK.
02196404021996
|
NIGK.
01196904161996
|
Depok, 27 Juli 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar