Rabu, 06 Januari 2016

RPP Kewirausahaan

Nama Sekolah             : SMK Kesuma Bangsa 2
Alamat Sekolah           : Jl. Tanah Baru Km. 1,5 Beji Depok
Mata Pelajaran           : Kewirausahaan
Kelas / Semester         : XII / 5
Alokasi Waktu             : 18 x 45 menit ( 9 x pertemuan )
Kode Kompetensi        : D


I.              Standar Kompetensi
4. Mengelola Usaha Kecil / Mikro

II.            Kompetensi Dasar
4.1. Mempersiapkan Pendirian Usaha

III.          Indikator
4.1.1 Pendirian usaha dipersiapkan sesuai dengan proposal meliputi :
               - Izin usaha
               - Permodalan
               - Tempat Usaha / Lokasi
               - Fasiltas dan Bahan Baku
               - SDM
               - Administrasi
    
IV.         Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada pertemuan 1 – 9 diharapkan peserta didik mampu :
1.      Mengetahui prosedur pengurusan izin usaha pada pihak yang berwenang
2.      Membuat system pengelolaan keuangan pada usaha yang telah dibentuk dengan teliti
3.      Menentukan dan mengurus tempat usaha dengan cermat
4.      Mengetahui dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi
5.      Merekrut dan menempatkan SDM yang diperlukan sesuai
6.      Mempersiapkan administrasi usaha yang diperlukan






V.           Materi Pembelajaran
Pertemuan 1.s.d 4
  1. Pengurusan Izin usaha
Pertemuan 5
  1. Cara memperoleh modal usaha
Pertemuan 6
  1. Mengurus dan menentukan tempat usaha
Pertemuan 7
  1. Pengadaan fasilitas bahan baku
Pertemuan 8
  1. Perekrutan dan penempatan sumber daya manusia
Pertemuan 9
  1. Persiapan administrasi

VI.         Model dan Strategi Pembelajaran
1.      Model pembelajaran : C.T.L ( Contextual Teaching Learning )
2.      Strategi : studi pustaka, diskusi, ceramah, Tanya jawab, penugasan dan lain – lain

VII.       Pendidikan Berkarakter
a.      Cermat
b.      Teliti
c.       Kreatif
d.      Mandiri
e.      Bertanggung jawab
f.        Percaya diri

VIII.     Sumber dan Media Pembelajaran
A.     Sumber Pembelajaran
1.      Buku Kewirausahaan kelas XII, Ir. Hendro, Penerbit Erlangga 2010.
2.      Buku Lembar Kerja Siswa  XII CV. Mediatama
3.      Buku Referensi Lain
4.      Internet

B.      Alat pembelajaran
1.      Power Point
2.      LCD


IX.          Langkah – langkah Pembelajaran
A.     Pertemuan 1 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
a.      Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing
b.      Melakukan absensi
2
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1.      Peserta didik membaca modul pembelajaran (LKS) yang telah disediakan (10 Menit)
2.      Peserta didik menutup buku, dan mulai mengerjakan soal pretest (10 Menit)
3.      Peserta didik dijelaskan materi tentang pengurusan surat izin usaha tentang SIUP dan SITU (14 Menit)
4.      Tanya Jawab tentang materi. (5 Menit)
b.      Elaborasi
1.      Disediakan soal  - soal tentang pengurusan surat izin usaha (10 Menit)
2.      Peserta didik mempresentasikan jawabannya di depan kelas (10 Menit)
3.      Salah satu peserta didik presentasi, peserta didik lain memberikan tanggapan (10 menit)
4.      Diskusi Hasil Presentasi (10 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa Tanya jawab atau diberi soal – soal (Teka – Teki Silang) (5 menit)
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang cara memperoleh NPWP (5 menit)

Pertemuan 2 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
  1. Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing
  2. Melakukan absensi
2
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1.      Peserta didik membaca modul pembelajaran (LKS) yang telah disediakan (10 Menit)
2.      Peserta didik menutup buku, dan mulai mengerjakan soal pretest (10 Menit)
3.      Peserta didik dijelaskan materi tentang pengurusan surat izin usaha tentang NPWP dan cara Perhitungan dan Jenis Pajak (14 Menit)
4.      Tanya Jawab tentang materi. (5 Menit)
b.      Elaborasi
1.      Disediakan soal  - soal tentang pengurusan surat izin usaha (10 Menit)
2.      Peserta didik mempresentasikan jawabannya di depan kelas (10 Menit)
3.      Salah satu peserta didik presentasi, peserta didik lain memberikan tanggapan (10 menit)
4.      Diskusi Hasil Presentasi (10 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa Tanya jawab atau diberi soal – soal (Teka – Teki Silang) (5 menit)
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang cara memperoleh NRP  (5 menit)

Pertemuan 3 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
a.      Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing
b.      Melakukan absensi
2
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
  1. Peserta didik membaca modul pembelajaran (LKS) yang telah disediakan (10 Menit)
  2. Peserta didik menutup buku, dan mulai mengerjakan soal pretest (10 Menit)
  3. Peserta didik dijelaskan materi tentang pengurusan NRP dan TDP (14 Menit)
  4. Tanya Jawab tentang materi. (5 Menit)
b.      Elaborasi
  1. Disediakan soal  - soal tentang pengurusan surat izin usaha (10 Menit)
  2. Peserta didik mempresentasikan jawabannya di depan kelas (10 Menit)
  3. Salah satu peserta didik presentasi, peserta didik lain memberikan tanggapan (10 menit)
  4. Diskusi Hasil Presentasi (10 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa Tanya jawab atau diberi soal – soal (Teka – Teki Silang) (5 menit)
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang cara memperoleh Amdal dan HO (5 menit)
              







Pertemuan 4 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
a.      Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing
b.      Melakukan absensi
2
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
  1. Peserta didik membaca modul pembelajaran (LKS) yang telah disediakan (10 Menit)
  2. Peserta didik menutup buku, dan mulai mengerjakan soal pretest (10 Menit)
  3. Peserta didik dijelaskan materi tentang pengurusan Amdal dan HO (14 Menit)
  4. Tanya Jawab tentang materi. (5 Menit)
b.      Elaborasi
  1. Disediakan soal  - soal tentang pengurusan surat izin usaha (10 Menit)
  2. Peserta didik mempresentasikan jawabannya di depan kelas (10 Menit)
  3. Salah satu peserta didik presentasi, peserta didik lain memberikan tanggapan (10 menit)
  4. Diskusi Hasil Presentasi (10 Menit)
c.       Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar, metode bisa Tanya jawab atau diberi soal – soal (Teka – Teki Silang) (5 menit)
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang cara memperoleh modal usaha (5 menit)

B.      Pertemuan 5 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
a.      Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.      Melakukan absensi (5 Menit)
2
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1.      Mengerjakan soal Pretest untuk materi yang akan diajarkan (10 menit)
2.      Membahas materi tentang cara memperoleh modal usaha (10 menit)
3.      Tanya jawab tentang materi yang dibahas (10 menit)
b.      Elaborasi
Peserta didik menutup buku dan mempersiapkan diri untuk maju ke depan kelas untuk mengerjakan tugas / test lisan (44 menit)
c.       Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahaman materi (5 menit)
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang mengurus dan menentukan tempat usaha untuk persiapan pretest serta salam penutup (5 menit)

C.      Pertemuan 6 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
a.      Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.      Melakukan absensi (5 Menit)
2
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1.      Peserta didik membaca terlebih dahulu isi materi ( 10 menit )
2.      Peserta didik menutup buku dan mulai mengerjakan soal pretest tentang isi modul
3.      Peserta didik dijelaskan materi tentang mengurus dan menentukan tempat usaha ( 15 menit )
4.      Tanta jawab tentang isi materi yang dibahas
b.      Elaborasi
1.      Disediakan soal – soal tentang mengurus dan menentukan tempat usaha serta pengadaan fasilitas bahan baku. Peserta didik mengerjakan dengan berdiskusi dengan teman kelompok ( 10 menit )
2.      Peserta didik mewakili teman kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas ( 15 menit )
3.      Setelah selesai peserta didik yang lain memberikan tanggapan ( 10 menit )
4.      Menyimpulkan hasil diskusi ( 5 menit )
c.       Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar ( 5 menit )
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang pengadaan fasilitas dan bahan baku untuk persiapan pretest serta salam penutup (5 menit)

D.     Pertemuan 7 ( Alokasi Waktu 2 x 45 Menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
a.      Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.      Melakukan absensi (5 Menit)
2
Kegiatan Inti
  1. Eksplorasi
  2. Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan ( 10 menit )
  3. Membahas materi lanjutan tentang pengadaan fasiltas dan bahan baku ( 15 menit )
  4. Tanya jawab tentang isi materi yang dibahas ( 10 menit )
b. Elaborasi
  1. Disediakan soal – soal tentang mengurus dan menentukan tempat usaha serta pengadaan fasilitas bahan baku. Peserta didik mengerjakan dengan berdiskusi dengan teman kelompok ( 10 menit )
  2. Peserta didik mewakili teman kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas ( 15 menit )
  3. Setelah selesai peserta didik yang lain memberikan tanggapan ( 10 menit )
  4. Menyimpulkan hasil diskusi ( 5 menit )
  1. Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar ( 5 menit )
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang resiko menjalankan usaha serta salam penutup (5 menit)

E.      Pertemuan 8 ( 2 x 45 menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
a.      Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.      Melakukan absensi (5 Menit)
2
Kegiatan Inti
  1. Eksplorasi
  1. Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan ( 10 menit )
  2. Membahas materi lanjutan tentang perekrutan dan penempatan Sumber Daya Manusia ( 15 menit )
  3. Tanya jawab tentang isi materi yang dibahas ( 10 menit )
b.   Elaborasi
  1. Disediakan soal – soal tentang mengurus dan menentukan tempat usaha serta pengadaan fasilitas bahan baku. Peserta didik mengerjakan dengan berdiskusi dengan teman kelompok ( 10 menit )
  2. Peserta didik mewakili teman kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas ( 15 menit )
  3. Setelah selesai peserta didik yang lain memberikan tanggapan ( 10 menit )
  4. Menyimpulkan hasil diskusi ( 5 menit )
  1. Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar ( 5 menit )
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang persiapan administrasi serta salam penutup (5 menit)



F.       Pertemuan 9 ( 2 x 45 menit )
No
Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
a.      Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing (1 menit)
b.      Melakukan absensi (5 Menit)
2
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
  1. Mengerjakan soal pretest untuk materi yang akan diajarkan ( 10 menit )
  2. Membahas materi lanjutan tentang persiapan administrasi ( 15 menit )
  3. Tanya jawab tentang isi materi yang dibahas ( 10 menit )
b.   Elaborasi
     peserta didik menutup bukunya untuk melaksanakan tes uji kompetensi (44 menit)
c.       Konfirmasi
Menguji peserta didik satu per satu tentang pemahamannya terhadap bahan ajar ( 5 menit )
3
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan isi materi, dan pengumuman agar peserta didik mempelajari materi berikutnya tentang resiko menjalankan usaha serta salam penutup (5 menit)

X.            Penilaian
  1. Penugasan
Langkah pertama mendirikan usaha adalah mengurus perizinan usaha. Pengurusan izin usaha ini berlaku untuk usaha yang sifatnya tetap. Apakah yang terjadi bila perusahaan tidak mengurus perizinan usaha ? jelaskan menurut pendapatmu secara logis dan analitis, kemudian kemukakan jawabanmu di depan kelas dengan penuh percaya diri.
  1. Pengamatan Proses
1.      Unjuk Kerja
No
Nama Siswa
Karakter Yang Diamati
Mandiri
Percaya Diri
Kreatif
Rajin
Tanggung Jawab















2.      Ulangan Harian
Aspek Kognitif
1.      Pilihan Ganda
Contoh
1.      Artika adalah lulusan universitas yang ulet, dia berencana mendirikan usaha pembuatan souvenir. Sebelum mendirikan usaha yang harus diperhatikan adalah :
a.      Modal
b.      Bahan baku
c.       Tempat usaha
d.      Perizinan usaha
e.      Administrasi usaha
2.      Nina adalah pencari kerja yang gigih. Pada suatu hari ia mendapatkan penggilan tes dari perusahaan swasta. Tes yang dilakukan nina untuk mengukur kemampuan bekerja didalam tim. Tes tersebut adalah……………
a.      Tes pengetahuan umum
b.      Tes wawancara
c.       Tes kemampuan memasarkan barang
d.      Tes psikologi
e.      Tes mandiri

2.      Isian ( esay )
1.      Uraian pekerjaan yang harus diselesaikan disebut ……Job description
2.      Ibu rika adalah seorang ibu rumah tangga, ia tak segan membantu tetangga dalam meminjamkan uang. Pihak yang memberikan pinjaman uang disebut dengan……Kreditor
3.      Uraian
Contoh
1.      Desi adalah seorang pengusaha muda yang visioner, sebelum mendirikan usaha dikampungnya ia telebih dahulu mengajukan surat izin tempat usaha. Bagaimanakah procedural pengajuan SITU ?
2.      Dalam menjalankan usaha seorang wirausahawan harus memperhatikan lingkungannya dengan mengadakan Amdal. Sebutkan lima bidang usaha yang harus memperhatikan Amdal ?




Aspek Afektif
Bacalah potongan artikel dibawah ini dengan cermat !
Greenpeace perwakilan Indonesia menyatakan kesiapannya mematuhi kebijakan dinas pengawasan dan penertiban DKI Jakarta yang menyegel kantornya di Jalan Kemang Utara 16 B1. Jakarta selatan pada Senin (14/1) mendatang.
“Intinya kalu memang itu regulasinya kita harus pindahkan ya kita pindahkan” kata Juru Kampanye Perwakilan greenpeace Indonesia. Di Jakarta Rabu
Namun, kata dia, yang menjadi pertanyaan penyegelan itu hanya ditunjukkan kepada greenpeace saja mengingat di daerah Kemang ada ratusan kantor yang menggunakan daerah pemukiman untuk perkantoran.

Berdasarkan potongan artikel diatas, analisislah yang menjadi penyebab penyegelan tempat usaha greenpeace di Indonesia!

Aspek Psikomotorik
Kerjakanlah perintah dibawah ini
Buatlah kelompok yang terdiri dari 6 anggota. Carilah informasi terkini tentang prosedur pengurusan SIUP dan persyaratan dokumennya ke dinas perindustrian dan perdagangan di wilayah tempat tinggal kalian masing – masing.

Project Work
Kerjakanlah tugas dibawah ini dengan kerja sama!
1.      Buatlah kelompok dengan beranggotakan 5 – 6 orang
2.      Buatlah proposal pendirian usaha sesuai dengan aturan yang diberikan
3.      Lampirkan juga contoh – contoh dari SIUP, NPWP, SITU, HO dan Amdal
Di Buat
Di Periksa
Di Setujui
Guru Bidang Diklat
WaKa. Kurikulum
Kepalas Sekolah




Mohamad Ali, SE.MM




Drs. Caming Suryadi




Dra. Hj. Nini Nurhasanah, MM
NIGK. 07197503252000
NIGK. 02196404021996
NIGK. 01196904161996
Depok, 27 Juli 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar